Tips Menjaga Kesehatan Tangan

Tip tangan halus, tips tangan putih, tips tangan lembut, tips tangan agar lembut, tips lengan berotot, tips tangan berurat, tips tangan berkeringat, tips tangan bengkak, tips tangan belang, tips tangan biar lembut, tips tangan biar halus, tips untuk menumbuhkan bulu tangan, tips tangan cantik,tips tangan cepat berotot.

Tangan memiliki dua definisi. Definisi yang luas adalah anggota badan dari siku sampai ke ujung jari tangan, sedangkan definisi yang sempit adalah anggota badan dari pergelangan sampai ujung jari tangan (bagian dalamnya disebut telapak tangan). Sebagian besar manusia memiliki dua tangan, biasanya dengan empat jari dan satu ibu jari. Jika jari-jari ditekuk erat, tangan akan membentuk suatu kepalan. Selain manusia, banyak jenis hewan lain yang memiliki tangan, terutama dari kelompok primata. Ibu jari disebut juga jari jempol. Selain itu keempat jari yakni jari telunjuk, jari tengah, jari manis dan jari kelingking.


tips menjaga kesehatan tangan


Maka dari itu, semua orang sadar akan pentingnya mencuci tangan yang akan membantu dalam menjaga kesehatan. kebersihan tangan harus selalu dijaga agar terhindar dari penularan berbagai penyakit. Membiasakan mencuci tangan ketika akan memegang makanan, setelah melakukan buang air besar atau buang air kecil dan juga setelah memegang hewan peliharaan adalah cara yang tepat dan akurat.


Selain itu mencuci tangan penting dilakukan ketika akan menyentuh bagian hidung mulut dan mata dikarenakan tangan merupakan bagian tubuh yang banyak menyimpan perkembangan biakan bakteri dan virus yang dapat menular. Selain memperhatikan frekuensi mencuci tangan yang terpenting adalah cara mencuci tangan yang benar yang seringkali diabaikan oleh masyarakat, padahal mencuci tangan yang benar dapat menentukan kesehatan anda.


Menurut WHO terdapat berbagai cara untuk menjaga kebersihan tangan, termasuk tanpa menggunakan air dan sabun. Para peneliti telah menemukan sebuah metode membersihkan tangan tanpa menggunakan air dan sabun. Metode tersebut menggunakan sediaan yang mengandung Hand sanitizer didesain sebagai produk yang digunakan jika air dan sabun tidak tersedia.


Agar efektif, produk ini mengandung setidaknya 60% alkohol. Selain itu, produk ini juga mengandung bahan yang dapat menurunkan jumlah kuman, walaupun tidak dapat menghilangkan seluruh kuman di tangan. Yang perlu Anda diperhatikan, gunakanlah hand sanitizer yang tidak mengandung bahan kimia berbahaya seperti bahan pemutih. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, maka gunakan hand sanitizer sesuai dengan petunjuk penggunaan yang disarankan.


Berikut adalah langkah-langkah Menjaga Kesehatan Tangan ( healt ):



  • Pertama tama anda dapat mengajarkan anak anda dengan membasahi tangan setinggi pergelangan tangannya bagian bawah hingga air mengalir.Gunakan air yang mengalir, seperti langsung dari kran sehingga memperkecil adanya perkembangan bakteri pada penggunaan air sebelumnya.


  • Selanjutnya yang tidak kalah penting adalah menggunakan sabun. Sabun dapat mengurangi kuman dan bakteri yang berada di tangan dengan cepat sehingga sangat dianjurkan penggunaannya.


  • Ketiga adalah menggosok tangan ke telapak tangan dengan cara menempelkan tangan kanan ke punggung tangan kemudian dilanjutkan dengan membersihkan sela-sela jari. Lanjutkan dengan bagian bawah tangan dan punggung tangan bersentuhan, gosok dengan menggunakan sabun dan yang terahir bersihkan pula kuku anak anda.


  • Langkah ke empat adalah dengan membilas kembali dengan menggunakan air bersih secara menyeluruh dari bagian lengan bawah hingga ujung jari.


  • Hal yang seringkali dilupakan adalah menutup kran dengan menggunakan alat bantu, anda dapat mengajarkan anak anda menutup kran menggunakan tisu atau sikut sehingga tangan tidak kotor oleh kuman lagi


  • Terakhir keringkan dengan menggunakan handuk atau tissu dan hindari dalam menyentuh benda di sekitar wastapel ketika setelah mencuci tangan. Sehingga apabila kebiasaan mencuci tangan dengan baik dan benar telah diterapkan akan membantu anak anda dalam menjaga kesehatan terutama pada saat musim hujan dan menghindarinya dari  berbagai jenis penyakit.


Terima kasih sudah membaca artikel tentang tips menjaga kesehatan tangan semoga bermanfaat dan jangan lupa berkomentar dikolom bagian bawah.

Postingan Terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Tips Menjaga Kesehatan Tangan"

Post a Comment