Tips Menjaga Kesehatan Kerongkongan

Tips membersihkan kerongkongan, otot kerongkongan, struktur otot kerongkongan, kejang otot kerongkongan, struktur otot kerongkongan, gerak otot kerongkongan, otot pada kerongkongan, otot penyusun kerongkongan, tip sakit tenggorokan, tips kerongkongan sakit, tip radang tenggorokan

Dalam anatomi, tenggorokan adalah bagian dari leher yang terdiri dari faring dan laring. Tenggorokan memiliki sebuah selaput otot yang dinamakan epiglottis yang berfungsi untuk memisahkan esofagus dari trakea dan mencegah makanan dan minuman untuk masuk ke saluran pernapasan. Tenggorok itu terdiri dari 2 bagian:Jalan makan (kerongkongan): Orofaring, hipofaring dan esofagus. Jalan napas (tenggorok): Faring, laring dan trakea.


tips menjaga kesehatan kerongkongan


Selain itu, Kesehatan Tenggorokkan harus diperhatikan bagi siapapun yang tidak ingin mengalami resiko sakit tenggorokkan, radang maupun penyakit lainnya yang dapat mengganggu aktivitas anda. Tenggorokkan merupakan salah satu organ yang menjadi penghubung antara saluran hidung dengan paru-paru. Tenggorokkan menjadi media untuk menyalurkan oksigen dari pernapasan hidung menuju paru-paru.


Meski kotoran dan kuman yang terhirup melalui proses penyaringan terlebih dahulu dalam rongga hidung, namun tidak berarti bahwa udara yang masuk ke kerongkonganpun telah bersih tanpa membawa kotoran atau zat lain. Kotoran yang tidak tersaring melalui rongga hidung akan terbawa hingga ke saluran kerongkongan dan mengendap pada dinding kerongkongan.


Dapat dibayangkan bahwa bila ada sesuatu yang mengganjal pada kerongkongan pasti akan berakibat pada tidak normalnya fungsi dari kerongkongan dan mengganggu pernapasan.Selain itu, bisanya timbul rasa gatal sehingga tidak berhenti batuk-batuk yang tentunya sangat mengganggu aktivitas maupun istirahat anda. Kotoran dan lendir yang tersangkut pada kerongkongan dapat bertambah banyak dan mengganggu fungsi dari pita suara. Hal tersebut memungkinkan anda tidak dapat mengeluarkan suara ketika terjadi masalah pada kerongkongan. Oleh karena itu, menjaga kesehatan kerongkongan sangat diperlukan.


Seberapa sering Anda merawat tenggorokan Anda.pasti jarang sekali di antara. Anda yang melakukan hal ini. Menjaga tenggorokan itu sangat penting sekali. Namun kebanyakan dari kita hanya akan menjaga. kesehatan tenggorokan ketika sudah merasakan sesuatu yang tidak mengenakkan di tenggorokan kita.
Baiklah langsung saja, berikut ada beberapa
Baiklah langsung saja, berikut ada beberapa

Baiklah langsung saja, berikut ada beberapa
Baik langsung saja,berikut ada bebera tips menjaga kesehatan kerongkongan :


Tambah asupan cairan

 


Cairan bermanfaat membantu ingus jadi encer dan mudah dibersihkan.


Kumur air garam

 


Campur setengah sendok teh garam ke dalam segelas air hangat, pakailah untuk berkumur. Jangan ditelan. Ini berguna untuk meringankan sakit tenggorokan dan membersihkan lendir.


Madu dan lemon

 


Campur madu dan lemon ke dalam segelas air panas. Biarkan dingin sebelum diminum. Madu bermanfaat meringankan sakit tenggorokan, sedangkan lemon membantu mengurangi lendir.


Permen pelega tenggorokan

 


Tak harus permen pelega tenggorokan, permen biasa juga bermanfaat karena mendorong produksi air ludah. Air liur ini yang akan membasuh dan membersihkan tenggorokan Anda.

 

Terapi aroma

 


Minyak esensial dulu digunakan untuk membunuh bibit penyakit. Teteskan minyak esensial ke dalam tungku untuk membersihkan ruangan dari bibit penyakit. Tidur Anda pun bisa lebih nyenyak karena terapi aroma.


Hindari rokok dan polutan udara lain

 


Rokok hanya akan memperparah sakit tenggorokan. Berhentilah merokok dan hindari asap dari mana pun.


Puasa bicara

 


Sakit tenggorokan memengaruhi pita suara Anda. Bicara hanya memperparah sakit itu, sementara Anda akan kehilangan suara.

   

Jangan bagi-bagi penyakit

 


Jika merasa tak sehat, minta izinlah untuk tidak masuk kantor. Tujuannya supaya Anda tidak berbagi penyakit dengan rekan-rekan satu kantor.


Selama kondisi kerongkongan normal, jangan sampai lupa untuk banyak minum air putih. Air putih dapat membantu melancarkan saluran kerongkongan karena tidak mengandung zat kimia yang berbahaya. Namun jika kerongkongan anda bermasalah, usahakan untuk selalu minum air putih hangat. Bila perlu tambahkan dengan perasan air jeruk nipis agar kotoran atau dahak yang ada di kerongkongan dapat dikeluarkan.


Bila masih belum ada perubahan segera periksakan ke dokter untuk mengetahui seberapa parah penyakit yang menyerang kerongkongan anda, dan segera mendapat penanganan yang optimal. Usahakan pula untuk selalu mengonsumsi buah-buahan dan sayuran yang memiliki banyak kandungan vitamin serta mineral.


Terima kasih sudah membaca artikel tentang tips menjaga kesehatan kerongkongan semoga bermanfaat dan jangan lupa berkomentar dikolom bagian bawah.

Postingan Terkait:

2 Tanggapan untuk "Tips Menjaga Kesehatan Kerongkongan"

  1. jazzakumullah khoeron katshiro, informasi yang sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  2. Terima kasih komentarnya pak..

    ReplyDelete