Biaya Melahirkan Normal di RS Gandaria

biaya melahirkan normal di bidan, biaya melahirkan normal di puskesmas, biaya melahirkan normal di rumah sakit ananda, biaya melahirkan normal di medan, biaya melahirkan normal di rs annisa, biaya melahirkan normal dengan bpjs, biaya melahirkan normal di rs hermina, biaya melahirkan normal di limijati bandung, biaya melahirkan normal di rumah sakit, biaya persalinan normal askes.

Biaya melahirkan normal di awal bros batam,biaya melahirkan normal di rsb asih,biaya persalinan normal dengan askes,biaya melahirkan normal di sari asih ciputat,biaya melahirkan normal di rs awal bros tangerang,biaya melahirkan normal di rs asri,biaya persalinan normal sari asih,biaya melahirkan normal di rsia aulia,biaya persalinan normal bpjs,biaya persalinan normal berapa,biaya melahirkan normal di carolus,biaya melahirkan normal di rs carolus,biaya persalinan normal di cirebon,biaya melahirkan normal di rs charitas palembang.


Masuk ke minggu 38 kehamilan gw mulai cuti, emang dari awal gw lebih milih cuti di awal agak panjang untuk nyiapin diri biar relax. Ga bisa bohong kadang ada rasa berharap Ade bisa keluar sebelum due date, tapi pada akhirnya gw slalu berdoa dan mencoba yakin Ade akan keluar di waktu yang terbaik menurut-Nya.


Jadi apa aja yang gw lakuin selama cuti? Gw berusaha selalu memberdayakan diri dan ga mikir aneh-aneh, olahraga gw beresin rumah, jalan-jalan di dalem rumah, kadang kalo bangun ya jalan pagi keluar, ngulang gerakan senam tiap hari, dan tiap kontrol ke dokter gw milih berangkat jalan kaki, maklum deket, sekitar 20 menit aja jalan santai. Gw jadi ada waktu belajar masak ke nyokap juga, jadi hampir tiap hari gw masak. Kalo rumah udah bersih ya gw duduk sila (posisi yang bagus utk kehamilan besar) sambil baca buku. Gw tetep istirahat tiap siang sekitar 1-2 jam.


Selama cuti gw mulai ngerasain braxton hicks, gw tetep mantau durasi dan frekuensinya, karna gw gatau kapan jadi kontraksi beneran kan. Tiap ada rasa kontraksi gw coba untuk tetep gerak.


Oya, di awal hamil gw blajar soal Hypnobirthing dan jadi pengen ngerasain gentle birth, tapi stelah dibahas, kayaknya gw akan tetap ngelahirin di RS dengan ngikutin pakem si Obgyn pilihan. Di awal kehamilan suami gw yang bantuin hipnosis, tapi skarang gw mulai autohipnosis sendiri untuk persiapan persalinan.


Rencananya, gw akan ke RS ketika kontraksi gw udah rutin dan frekuensinya smakin deket, berharap itu udah bukaan 4 ke atas, jadi di RS ga kerasa lama ga dikasih interfensi apapun sama RS, mau lahiran normal spontan gitu. Interfensi yang gw hindarin banget adalah induksi. Denger cerita orang deket gw kalo beberapa induksi, dan ujungnya tetep caesar, bahkan di bidan kita tempat gw baca-baca soal kehamilan pun bilang 50% yang induksi akan berujung caesar. Tapi di hari-hari menjelang Ade lahir, ada temen gw yang bilang kalo 2 temennya berhasil persalinan normal walo dengan induksi. Entah knapa itu bikin gw lebih tenang, masih dikasih petunjuk baik sama Allah. Itu rencana gw, realisasinya? Gw dan suami berserah sama Allah apapun yang terjadi di hari H, itu pasti udah yang terbaik menurut Allah.


biaya melahirkan normal di rs gandaria

Trimester 3


Selamat 37 minggu Alhamdulillah skarang gw udah masuk usia kandungan 37 minggu, apa aja yang dirasa di trimester 3 ini?

1. Walau kata orang gw ga keliatan gemuk, tapi berat gw udah naiik sampaaii 15kg dengan berat Ade 2,5kg per umur 34 minggu kemarin.. Alhamdulillah walau gemuk tapi ga ada bengkak di kaki, di idung aja bengkaknya.

2. Adenya udah tambah besar, gerakannya bukan nendang lagi tapi badannya gerak2 sampe nongol banget, dan Adenya pintarr, tambah besar posisinya terus progress menuju ke bawah, InsyaAllah Ade bisa ke lock yaa

3. Masuk 35 minggu gw mulai ngerasa kegerahan, mulai potong rambut, mulai pengen minuman-minuman dingin dan manis yang bahaya kalo diturutin terus karna gulanya bisa ga ke kontrol kan

4. Kadang suka susah untuk mulai tidur, tapi selalu cari cara biar bisa dapet posisi yang enak dan Alhamdulillah skarang malah gampang tidurnya

5. Selalu usahain tiap bangun pagi langsung ngulang gerakan-gerakan yang diajarin di kelas senam hamil, walau ga semua sih, kadang ada yang lupa

6. Soal makan jangan ditanya, mulut gw jadi rajin ngunyah, walau gw sadar kadang yang masuk ga semua bermanfaat.

7. Di trimester 3 ini gw tes darah lagi, dan ternyata Hb gw rendah, karena usia kandungan yang udah besar, obat aja ga akan bisa naikin dengan segera, jadi kemarin gw sempet di infus utk masukin cairan venofer lewat infus, semoga kandungan zat besi dalam darah gw terus membaiik sampe persalinan

8. Masuk usia kandungan 36 minggu, gw dan suami mulai packing barang-barang yang perlu dibawa ke RS  dan udah dimasukin ke mobil untuk jaga-jaga

9. 3 kali di USG 4D, Adenya tetep gamau nunjukin muka seutuhnya, hahaha..pengen kasih kejutan mungkin ya, cuma mata sama idung yang keliatan

Gw tinggal nunggu tanda-tanda Ade siap keluar, dengan cara apapun nantinya Ade keluar, itu pasti cara terbaik untuk kami, semoga kami sehat selamat, aamiin…

Selama kehamilan ini, gw pernah ketemu sama 4 obgyn dari 3 RS yang berbeda, sekarang mau kasih review berdasarkan pengalaman pribadi setelah konsultasi dengan 4 Dokter yang namanya ga asing lagi di forum bumil.

1. Dr Ridwan, SpOG di  RSIA KMC


Stelah liat hasil testpack, gw mulai browsing soal obgyn, dan emang nyari RSIA yang lokasinya ga terlalu jauh dari rumah, karena untuk persiapan pas lahiran, trus pilihan awal jatoh ke KMC, browsing soal dokter disana, nama dokter Ridwan sering disebut dan sangat positif, tapi ya karna banyak pasien, jadi daftarnya disarankan seminggu sebelum. Pertemuan pertama bener-bener bikin kami terkesan, pertama, ternyata antrinya lama yaa..kalo soal dokternya, cara bicara dokternya santai, kalo lagi USG detail banget, cara pikirnya cocok sama kami, ga banyak kasih suplemen, selalu nenangin omongannya, cuma agak kayak sok cool gitu mukanya, tapi ramah. Dokter ini ngasih nomer HP, jadi bisa dicontact kapanpun. Akhirnya kami mantep sama dokter ini, tiap bulannya selalu kontrol ke beliau..Pernah satu hari di trimester 1 gw muntah-muntah seharian, diisi air aja keluar lagi, sampe malem tambah parah, karena takut kekurangan cairan, kami tlp dokternya sekitar jam 9 malem, diangkat dan direspon dengan baik, tiap ngerasa ada masalah, gw selalu watsapp beliau, dan selalu tenang sama jawaban dia..aahh seneng banget sama dokter ini. Tapi masuk usia kandungan 7 bulan, mulai mikir soal biaya melahirkan dan dari segi budget, kayaknya kami ga sanggup kalo di KMC, dan beberapa orang terdekat pun ga rekomendasiin RSIA ini, walau dokternya emang bagus. Biaya konsul + USG 2D di KMC per 2014 jadi Rp 460.000,-

2. Dr Achmad Mediana, SpOG di Tempat Praktek Pribadinya


Di tengah kehamilan, gw sempet iseng pengen coba obgyn lain, ga ada masalah sama Dr Ridwan sih, cuma pengen tau aja kalo konsul sama obgyn lain gimana sih.. Akhirnya coba ke Dr Achmad, pas ketemu, ramaaah banget dokternya, informatif, dan dengan baiknya di tengah USG 2D, dia nunjukin USG 4D tanpa kami minta, dan selama USG dia jelasin semua yang dilihat, yang normal gimana.. Asik ko dokter ini, cuma kami ga milih dia karena pilihan bersalinnya di RS Gandaria / RS Asri (waktu itu taunya Asri mahal, ternyata KMC lebih mahal,huhuu) pas gw kesana, total biayanya Rp 425.000,-

3. Dr Fachruddin, SpOG di RSB Duren Tiga


Inilah dokter yang (sepertinya) akan dampingin gw pas lahiran nanti. RS deket rumah gw ya RSB Durentiga RS Asri, dilihat dari budget, RSB Durentiga yang masuk, jadi cari info soal dokter disana, hampir semua Ibu-ibu tau Dr Fach ini, karna beliau udah senior banget, kalo ga salah malah dia yang punya si RSB Durentiga. Dokter ini sangaat pro normal katanya : siaga, karena rumah beliau deket sama RS. Coba sekali kontrol ke beliau, Kaget, cuma sebentar kami di dalem, USG juga ga detail, kalo ditanya jawabnya singkat, malah ada yang dibecandain. Menurut gw, untuk calon ibu yang hamil anak pertama dan pengen banyak tau, kurang cocok sama beliau, karena beliau ga akan cerita panjang lebar, walaupun kita nanya. Biaya kontrol Rp 378.500.

4. Dr Chandra Asmuni, SpOG di RSB Duren Tiga


Waktu itu gw sempet panik karena malem habis keram perutnya dan besoknya calon ade ini ga aktif, jadi mau kontrol ke dokter, tapi kayaknya mustahil ktemu Dr Fach karena kalo mau ktemu beliau kan harus buat janji seminggu sebelum, trus antrinya..fiiuhh! Jadi cari referensi dokter lain di Duren Tiga, dapett deh nama dokter ini dari temen kantor..Dokternya ramaah, ditanya 1 hal, jawabnya panjaang, asik banget deh..Kata orang kantor, kalo sampe harus tindakan sesar, jahitan beliau ini rapiii sekali.

Trimester 2


Alhamdulillah udah masuk bulan ke 6, rasanya campur aduk, antara seneng karna ga lama lagi bisa ktemu Ade, sama deg-deg an mikirin hari H lahiran dan persiapan apa aja untuk nyambut ade. Trimester 2 ini bener-bener masa kehamilan paling enaaak menurut gw (dibanding trimester 1). Perut udah mulai keliatan, tapi masih dalam kondisi nyaman.

Kebahagiaan pertama di trimester 2 adalah Ade sehat, di minggu ke 21 kehamilan, Dr Ridwan (Sang dokter kesayangan) bilang mau screening Ade. Karena screening ini makan waktu lebih lama, Pak Dokter minta kami untuk kontrol di pagi hari, biasanya kan kontrol malem stelah pulang kerja. Pas dibilang harus pagi, kami sempet bingung, tapi Pak Dokter jawab "Ijin kerja sehari aja buat calon baby masa ga bisa Deg! Okeelahh..Pas harinya screening, Dr Ridwan USG sperti biasa, tapi kali ini banyak yang diliat dan menurut gw dia meriksa dengan teliti, dan ga buru-buru, aah seneng bangeeet sama Pak Dokter ini.

Kebahagiaan lainnya adalah selain karena masa mual udah lewat, jadi Alhamdulillah gw bisa makan apapun, dimasa ini gw ngerasain tendangan-tendangan Ade, ngerasain dia gerak-gerak di dalem. Rasanya selalu seneng ngerasain keaktifan si Ade di dalam perut, pasti senyum dan langsung dielus trus diajak ngobrol adenya. Pernah rasanya Ade ga terlalu aktif pas gw di kantor, malemnya gw ajak ngobrol ko hari ini kalem, trus ga lama dia beraksi lagi, gemees.

Di trimester 2 pun gw mulai olahraga, sebenernya di awal juga boleh olahraga ringan, tapi karena trimester 1 gw bawaannya males, jadi ga ada olahraga sama sekali. Trimester 2 gw mulai dengan renang, olahraga kesukaan dari sbelum hamil, suka main airnya aja sih, trus gw mulai ikutan kelas prenatal yoga di klinik-nya Dr Achmad Mediana, semoga bisa rutin latihan di rumah juga.

Alhamdulillah punya suami yang support bangeet slama masa kehamilan, apapun yang buat bumil seneng masuk akal, pasti diijinin. 5 bulan ga mijet rasanya kangen banget nyalon, tau sih ada tempat yang bisa mijet bumil tapi harganya mahal, Mom Jo, coba ngomong ke suami dan dapet ijiin nyoba, malah dia ikutan mijet, dan gw terayu utk ambil paket juga, gpp lah, ngerasa aman di tangan yang (mudah2an) ahli.

Selain kebahagiaan, ada aja kegalauan. Karena udah masuk trimester 2, kami mulai nyiapin soal persalinan, yang paling bikin mikir, biaya persalinan..Dari awal di KMC nyaman banget karna dokternya,tapi pas tau kisaran biaya lahiran disana, hmm..kami belum bisa disana, jadi mulai cari alternatif RS, pilihan jatuh ke RSB Duren Tiga yang deket banget dari rumah jelas biaya terjangkau. Ke RSB nyoba dokter paling hits disana yang kabarnya pro normal banget, Dr Fach. tapi  ko .agak ga sreg ya, diliat-liat pasien yang ke dia tu cuma masuk sekitar 5 menit, gw pun gitu, masuk USG sbentar bgt, udah makasih. Gw kurang nyaman sama kondisi ini, tapi gimanaa..Semoga ada jalan keluar yang baik dimana akan bersalin dengan siapa, Aamiin ya Allah.

Postingan Terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Biaya Melahirkan Normal di RS Gandaria"

Post a Comment