Tips Menjaga Kesehatan Kaki

Tip kaki pecah pecah,tip kaki indah,tip kaki mulus, tip untuk menghilangkan bulu kaki,tips kaki agar tidak bau, tips kaki agar tidak pecah pecah,tip agar kaki tidak bau, tips untuk kaki berkeringat,tips untuk kaki bengkak,tips untuk kaki besar, tips fashion untuk kaki bentuk o, tips kaki bengkak saat hamil.

Kaki merupakan salah satu anggota tubuh hewan atau manusia yang digunakan untuk berjalan. Kaki terdiri dari beberapa bagian, termasuk telapak kaki, sendi yang bekerja dalam suatu sistem terpadu sehingga memungkinkan bagi inang untuk berjalan.

 
tips menjaga kesehatan kaki


Dalam hal ini, Setiap hari kita pasti berjalan kaki dan saking biasanya, kita sering lupa memperhatikan menjaga kesehatan kaki.mungkin sibuk dengan pekerjaan. Padahal sebagai penopang tubuh, tugas sepasang kaki kita tidaklah mudah.Kaki-kaki kita adalah fondasi tubuh yang sebenarnya. Ketika kaki tidak berfungsi sebagai mestinya, barulah kita sadar pentingnya menjaga kesehatan kaki.


Menjaga kesehatan tubuh termasuk kesehatan organ dari kaki merupakan suatu keharusan yang tidak bisa dipungkiri dan semestinya dijalani. Untuk menjaga kaki tetap sehat ada beberapa tips yang dapat diterapkan, berikut tipsnya :


Periksa dan raba kaki secara teratur

 


Memeriksa kaki akan membantu dalam mendeteksi jika terjadi perubahan atau penyimpangan pada kaki seperti perbedaaan warna kaki, tebal, suhu, dan kaki pecah-pecah. Jika terjadi perubahan yang ekstrim segera konsultasikan secepatnya dengan dokter.


Merendam dan menyikat kaki

 


Ini berguna untuk menjaga kesehatan kaki dan membuatnya menjadi lebih rileks. Untuk melakukannya, siapkan baskom berisi air hangat, lalu tambahkan garam. Kemudian rendam kaki selama ± 15 menit. Siapkan batu apung atau sikat bulu halus, lalu gosok ke kaki secara perlahan, rendam kembali kaki di air hangat. Lanjutkan dengan memijat kaki selama beberapa menit. Ini berguna untuk menghilangkan sel kulit mati yang melekat pada kaki.


Memotong kuku kaki

 

 

Kuku kaki yang mengandung kotoran mudah terkena infeksi. Oleh sebab itu, potonglah kuku secara teratur dan berhati-hatilah saat memotong agar jangan terlalu pendek, karena dapat mengakibatkan luka pada kulit.


Melembapkan kaki

 


Kaki tidak memiliki pelembap alami. Untuk menjaga kelembapannya, gunakan minyak almond, minyak zaitun atau yang paling mudah adalah menggunakan lotion. Oleskan secara merata pada permukaan kulit kaki, biarkan beberapa saat sebelum memakai sepatu atau sebelum berjalan.


Gunakan lemon

 


Buah yang satu ini dapat digunakan untuk merawat kaki. Caranya, gosokkan irisan lemon pada kulit kaki, termasuk kuku kaki. Setelah itu, cuci kaki dengan menggunakan air bersih (tanpa memakai sabun). Dengan melakukan perawatan ini, kaki akan terhindar dari masalah kulit kusam dan kering.


Cuci kaki setiap hari untuk memastikan kaki tetap bersih

 


Jangan lupa mencuci di sebagian sela-sela jari. Segera keringkan kaki setelah dicuci. Kulit kaki yang basah akan membuatnya tidak elastis sehingga mudah mengalami pecah-pecah.


Selektif memilih sepatu

 


Selektif dalam memilih sepatu yang sesuai dengan ukuran kaki Anda. Ketika membeli sepatu baru, prioritaskan untuk memilih sepatu yang nyaman alih-alih sekedar gaya.


Hindari berjalan berlari telanjang

 


Sebisa mungkin, hindari berjalan atau berlari dengan bertelanjang kaki meski sedang berada di rumah. Berjalan bertelanjang kaki dapat menyebabkan sebuah insiden yang dapat mengganggu kondisi kaki. Pakailah sandal meskipun sedang berada di dalam rumah.


Gunakan lemon Sejenak mengangkat kaki

 


Setelah berdiri lama, berjalan, atau berlari, sejenak mengangkat kaki ke dinding akan bermanfaat untuk      kaki.Cara ini juga akan melancarkan peredaran darah di vena. Melancarkan vena dapat membantu mencegah pembekuan darah setelah berdiri lama.


Jangan pernah mengabaikan rasa sakit pada pergelangan kaki 

 

 

Rasa sakit umumnya berhubungan dengan adanya peradangan atau sebab lain yang tersembunyi. Segera konsultasikan dengan dokter anda ketika timbul rasa sakit pada kaki.



Terima kasih sudah membaca artikel tentang tips menjaga kesehatan kaki semoga bermanfaat dan jangan lupa berkomentar dikolom bagian bawah.

Postingan Terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Tips Menjaga Kesehatan Kaki"

Post a Comment