Hamil Sehat Setelah Keguguran

Tip hamil anak perempuan, tip hamil sehat, tip hamil anak laki laki, tip hamil muda, tip hamil anak kembar, tip hamil bayi perempuan, tip hamil anak kedua, tip hamil kembar, tip hamil muda sehat, tip hamil cepat, tips hamil anak perempuan, tips hamil anak kembar, tip hamil bayi kembar, tips hamil berhubungan badan.

Jika sebelumnya anda telah mengalami keguguran dan saat ini sedang hamil lagi, cari tahu bagaimana mengatasi nikmat hamil tersebut setelah keguguran.


Sungguh sebuah kekhawatiran bagi seorang ibu. Anda yang sebelumnya keguguran dan saat ini sedang hamil kembali. Anda mungkin khawatir akan melakukan sebuah kesalahan. Anda cemas semoga bayi dalam kandungan anda tidak seperti nasib saudaranya yang dulu. Anda takut setiap gerakakan yang anda lakukan beresiko terhadap janin yang sedang anda kandung?.


Istirahat sejenak, hilangkan rasa cemas yang membuat anda stress tersebut akan menjadi kunci untuk membuat janin anda tetap bertahan. Semakin tinggi tingkat stres yang anda alami, semakin tinggi tekanan darah anda, bisa mengakibatkan bayi anda mengalami stres yang jauh lebih berat. Rilekslah, tarik nafas dalam-dalam dan berusaha agar tetap tenang.


Keguguran adalah hal yang tak diinginkan oleh semua ibu. Beberapa wanita takut untuk hamil lagi setelah mengalami keguguran. Namun tak jarang ibu yang berpikir mereka ingin segera hamil lagi agar tak terus-menerus memikirkan keguguran mereka.


Pertanyaan yang sering muncul selanjutnya adalah kapan wanita boleh hamil lagi setelah mengalami keguguran? Menurut peneliti sekitar delapan hingga 20 persen kehamilan bisa berakhir dengan keguguran. Di masa lalu wanita diminta menunggu sekitar dua sampai tiga bulan sebelum mereka merencanakan untuk hamil lagi.


Namun saat ini beberapa penelitian menunjukkan bahwa tak ada risiko berbahaya jika ibu ingin hamil lagi setelah mengalami keguguran. Namun sebaiknya wanita mempersiapkan mental dan kondisi kesehatan mereka untuk hamil lagi. Beberapa pasangan biasanya harus menjalani terapi untuk menghilangkan trauma dan rasa kehilangan setelah mengalami keguguran.


Fakta tentang keguguran

 


Kurang dari 5% dari perempuan di dunia pernah mengalami keguguran secara berturut-turut. Kurang dari 1% nya keguguran tiga kali bahkan lebih. Keguguran merupakan hilangnya spontanitas pada janin sebelum memasuki minggu ke-20. Keguguran ini biasanya disebabkan karena janin/ calon bayi tidak berkembang secara normal.


Mayoritas keguguran terjadi karena janin tidak berkembang secara normal. Kadang-kadang kondisi kesehatan wanita, seperti diabetes tidak terkontrol atau masalah dengan rahim atau serviks, juga bisa menjadi faktor-faktor yang menyebabkan keguguran.


Gugur kandungan atau keguguran biasanya hanya akan terjadi satu kali saja. Kebanyakan wanita yang mengalami gugur kandungan akan memiliki kehamilan yang sehat setelah keguguran tersebut. Kurang dari 5 persen perempuan di dunia mengalami 2 kali keguguran secara berturut-turut, dan hanya 1 persen saja yang mengalami 3 kali gugur kandungan secara berturut-turut. Jika Anda mengalami lebih dari 2 kali keguguran, disarankan untuk melakukan pengujian medis untuk mengidentifikasi setiap penyebab gugur kandungan sebelum mencoba untuk bisa hamil lagi. Beberapa pengujian atau tes yang bisa Anda lakukan diantaranya adalah:


  • Tes darah


Sampel darah Anda akan dievaluasi untuk membantu mendeteksi masalah pada hormon atau sistem kekebalan tubuh.


  • Tes kromosom


Anda dan pasangan dianjurkan untuk melakukan tes darah untuk diuji kromosomnya. Prosedur tes kromosom juga dapat dilakukan untuk mendeteksi masalah pada organ rahim. Apabila penyebab gugurnya kandungan tidak dapat diidentifikasi secara medis, maka jangan kehilangan harapan. Sekitar 60-70 persen wanita dengan gugur kandungan berulang masih memiliki peluang untuk memiliki kehamilan yang sehat.


keguguran berulang
kesedihan keguguran kembali

Keguguran Berulang



Jika anda pernah mengalami keguguran beberapa kali dan ingin mencoba untuk hamil lagi. Mungkin anda perlu berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter dan menjalankan beberapa tes guna mencari tahu apa penyebab terjadinya keguguran pada janin anda sebelum mencoba untuk hamil lagi. Biasanya tes yang yang dilakukan cukup sederhana seperti pengecekan darah atau USG.


Jika Keguguran..Mulailah Lagi Dengan Lebih Baik



Jika ini adalah keguguran pertama anda dan ingin mencoba hamil kembali, langkah yang perlu anda lakukan adalah mulai mempertkan kesehatan tubuh anda terutama organ reproduksi. Apakah ada memiliki A & C (dilatasi & kuratase) pada saat keguguran sebelumnya? Sudahkah anda mengkonsumsi vitamin prenatal lagi sebagai persiapan diri untuk konsepsi dan mengandung bayi? Apakah anda sehat secara fisik dan emosional? Jika anda masih berusahan mengatasi rasa sedih karena kehilangan anda yang lalu, tidaklah mengapa untuk menunggu beberapa waktu lagi hingga anda siap untuk hamil kembali. Anda tidak bisa memaksakan diri anda menjadi sesuatu yang anda sendiri secara emosional belum tentu siap.


Berusahalah Untuk Tetap Tenang



Namun demikian, jika masa itu tiba kembali, anda akan menyadari. Pikiran dan hati anda akan kembali terbuka untuk kehadiran sosok buah hati lagi. Begitu anda hamil, bukanlah ide yang baik untuk stres saat menghadapi suatu masalah tertentu. Penyebab keguguran yang paling sering terjadi dikarenakan kelainan pada janin anak, bukan karena kesalahan yang orang tua telah lakukan semata, kejadian tersebut diluar dari kendali siapapun.


Hindari Tekanan / Stres



Membiarkan diri anda dalam keadaan stres atas bayi anda, pada gilirannya akan membuat bayi anda pun berada di bawah tekanan. Sehingga terjadi masalah yang lebih banyak antara anda dan bayi dalam kadungan anda.


Kapan waktu terbaik untuk hamil lagi setelah mengalami keguguran?



Keguguran dapat menyebabkan kemarahan, kesedihan atau rasa bersalah. Anda akan memerlukan waktu untuk proses pemulihan fisik maupun mental. Setelah Anda merasa siap untuk hamil lagi setelah gugur kandungan, mintalah bimbingan kepada penyedia layanan kesehatan. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) merekomendasikan untuk menunggu setidaknya 6 bulan sebelum mencoba untuk hamil lagi. Di sisi lain, beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa wanita yang mengandung dalam waktu 6 bulan setelah mengalami gugur kandungan akan memiliki lebih sedikit komplikasi daripada mereka yang menunggu lebih lama lagi untuk hamil. Jika Anda sudah sehat dan merasa benar-benar siap, mungkin tidak perlu menunggu lama untuk hamil lagi setelah mengalami gugur kandungan.


Jika Anda mengalami dua atau tiga kali kandungan yang gugur, berkonsultasilah dengan penyedia layanan kesehatan Anda. Layanan kesehatan akan merekomendasikan pengujian untuk menentukan masalah mendasar penyebab gugurnya kandungan. Kehamilan molar adalah terdapatnya tumor jinak yang berkembang dalam rahim. Molar terjadi ketika plasenta berkembang menjadi massa abnormal kista daripada menjadi kehamilan yang sehat. Jika Anda memiliki kehamilan molar, penyedia layanan kesehatan Anda mungkin menyarankan untuk menunggu 6 bulan sampai 1 tahun sebelum mencoba untuk bisa hamil lagi.


Untuk meningkatkan kemungkinan kehamilan yang sehat, Anda disarankan untuk menerapkan gaya hidup sehat sebelum konsepsi dan selama kehamilan. Mulailah dengan mengkonsumsi vitamin pre-natal atau suplemen asam folat sejak beberapa bulan sebelum terjadi pembuahan. Untuk menjaga berat badan yang ideal, lakukan aktivitas fisik dalam rutinitas harian serta terapkan pola makan sehat. Pastikan juga untuk menghindari keadaan stress, menghindari minuman alkohol dan rokok. Jika Anda telah mengalami beberapa kali keguguran, kehamilan di masa depan perlu direncanakan dan dipantau dengan hati-hati. Demikian ulasan tentang cara cepat hamil sesudah keguguran yang bisa dijadikan referensi atau pengetahuan yang bermanfaat bagi semua wanita yang menginginkan kehamilan paska keguguran. Semoga bermanfaat.


Nikmati Kehamilan Anda Lagi

 

Nikmat Kehamilan Anda Lagi
Ilustrasi kebahagian hamil lagi

Cobalah untuk membiarkan diri anda menikmati kenyataan bahwa anda sedang hamil lagi. Perhatikan tanda-tanda kehamilan normal, seperti nyeri pada payudara, kelelahan, mual, perut kembung yang ditandai bahwa itu adalah “tendangan pertama”. Setelah anda melaui timester kedua, mungkin zona ini akan menjadi zona aman bagi anda sebab sangat jarang keguguran terjadi pada timester kedua atau ketiga tersebut.

Postingan Terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Hamil Sehat Setelah Keguguran"

Post a Comment