Tips Menjaga Kesehatan Telinga

Tip telinga kemasukan air, tips telinga tersumbat, tips telinga sehat, tips untuk telinga kemasukan air, tips untuk telinga berdarah, tips untuk telinga berdengung, tips telinga berjamur, tips telinga berdengung, tips telinga bengkak, tips telinga berair, tips telinga bernanah, tips telinga bindeng, tips telinga gatal.

Telinga merupakan sebuah organ yang mampu mendeteksi/mengenal suara dan  juga banyak berperan dalam keseimbangan dan posisi tubuh. Telinga pada hewan vertebrata memiliki dasar yang sama dari ikan sampai manusia, dengan beberapa variasi sesuai dengan fungsi dan spesies. Setiap vertebrata memiliki satu pasang telinga, satu sama lainnya terletak simetris pada bagian yang berlawanan di kepala, untuk menjaga keseimbangan dan lokalisasi suara. Suara adalah bentuk energi yang bergerak melewati udara, air, atau benda lainnya, dalam sebuah gelombang. Walaupun telinga yang mendeteksi suara, fungsi pengenalan dan interpretasi dilakukan di otak dan sistem saraf pusat.Rangsangan suara disampaikan ke otak melalui saraf yang menyambungkan telinga dan otak (nervus vestibulokoklearis).


Telinga menjadi salah satu indera yang memiliki peranan yang sangat penting bagi kehidupan manusia.Tanpa keberadaan telinga, maka secara otomatis mengakibatkan seseorang menjadi bisu. Dikarenakan tidak ada suara yang mereka tangkap atau dengar. Untuk itulah, penting kiranya untuk menjaga telinga kita tetap bersih dan sehat.


tips menjaga kesehatan telinga


Terkadang telinga luput dari perhatian.mungkin saja sibuk dengan pekerjaan. Untuk perawatan, mungkin Anda hanya membersihkan dengan cotton bud.Ingat, jangan sembarangan,Karna hal ini bisa berdampak buruk bagi Kesehatan telinga Anda.Telinga yang bersih sekaligus sehat akan menyempurnakan penampilan Anda. Lakukan cara yang tepat agar telinga Anda selalu sehat, sebagaimana tips berikut ini :


Hindari Kebisingan Parah

 


Usahakan untuk menghindari berbagai suara yang memiliki tingkat kebisingan yang terlalu tinggi. Suara-suara yang terlampaui tinggi tersebut seperti suara gergaji mesin, suara musik yang terlalu keras dan lain-lain.


Bijak Menggunakan Earphone dan Headphone

 


Dalam penelitian yang dilakukan oleh ahli akustik, Profesor Huggonet menemukan penemuan baru, bahwa terlalu sering menggunakan alat pendengar seperti earphone dan headphone dengan suara kencang berpotensi menyebabkan kesehatan telinga dan pendengaran terganggu.Ada 2 kemungkinan yang terjadi: 1)Anda menjadi kurang peka terhadap bunyi; 2) Sebaliknya, Anda justru menjadi telalu sensitive terhadap bunyi.Sebaiknya, gunakan earphone maksimal 2 jam sehari lalu istirahatkan pendengaran selam 6 jam sesudahnya. Pemakaian earphone terlalu lama juga bisa menghambat telinga mengeluarkan kotorannya.


Memperhatikan pola makan

 


Konsumsi makanan yang sehat dan mengandung banyak vitamin dapat membantu melancarkan fungsi pendengaran. Mengurangi konsumsi makanan berlemak juga dapat membantu Menjaga Kesehatan organ pendengaran anda. Jika anda merasa bermasalah dengan pendengaran anda, segeralah periksakan ke dokter THT (Telinga, Hidung, Tenggorokan).Pemeriksaan yang rutin dapat membantu mengontrol kinerja dari organ pendengaran sehingga dapat diketahui penyebabnya dan dapat ditangani secara tepat. Jika ada kerusakan pada gendang telinga, dapat berakibat fatal. Oleh karena itu, pastikan untuk selalu menjaga kebersihan serta kesehatan agar satu-satunya organ pendengaran yang anda miliki tetap sehat.


Mengunyah

 


Mengunyah makanan dengan baik juga sangat penting, karena gerakannya membantu dalam proses pengeluaran kotoran telinga,Sehingaa dengan sendirinya terbilas saat mandi. Untuk merasakan secara detail, cobalah mengunyah permen karet atau sejenisnya.


Jauhi Rokok

 


Ada fakta unik yaitu terdapat hubungan antara kebiasaan merokok dengan penurunan daya dengar seseorang. Tanpa disadari, jika seseorang memiliki kebiasaan merokok, maka indera pendengarannya akan mengalami penurunan pula dari waktu ke waktu.


Hindari Kebiasaan Buruk Pada Telinga

 


Mulai sekarang, jangan membersihkan bagian dalam telinga dengan kapas. Ini dikarenakan, akan malah mendorong lapisan lilin yang berada di lubang telinga masuk lebih dalam dan menyumbat lubang telinga anda. Sehingga mempengaruhi kemampuan mendengar seseorang.


Terima kasih sudah membaca artikel tentang tips menjaga kesehatan telinga semoga bermanfaat dan jangan lupa berkomentar dikolom bagian bawah.

Postingan Terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Tips Menjaga Kesehatan Telinga"

Post a Comment