Cara Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut

Tips kesehatan gigi dan mulut, tips merawat gigi dan mulut, tips kesehatan gigi dan mulut bagi pengguna behel, tips penjagaan gigi dan mulut,tips memutihkan gigi dan bau mulut, tips merawat gigi dan bau mulut, tips menjaga kesehatan gigi dan mulut dalam bahasa inggris, 10 tip menjaga kesehatan gigi dan mulut.


Mulut adalah suatu rongga terbuka tempat masuknya makanan dan air. Mulut biasanya terletak di kepala dan umumnya merupakan bagian awal dari sistem pencernaan lengkap yang berakhir di anus. Mulut terdiri dari gigi dan lidah. Bagian-bagian yang terdapat dalam mulut:

Gigi (dens),

Gigi fungsinya untuk menggigit, mengunyah, mencabik. Gigi terdiri dari gigi seri, taring, susu dan geraham.

Lidah (lingua) adalah kumpulan otot rangka pada bagian lantai mulut yang dapat membantu pencernaan

makanan dengan mengunyah dan menelan. Berfungsi untuk:

  •   sebagai indera pengecap/perasa

  •   mengaduk makanan di dalam rongga mulut

  •   membantu proses penelanan

  •   membantu membersihkan mulut

  •   membantu bersuara/berbicara


Ludah (saliva) dihasilkan oleh kelenjar ludah

Di dalam lidah terdapat enzim amilase yaitu enzim yang mengubah zat tepung menjadi zat gula .


cara menjaga kesehatan mulut


Dalam hal ini, kesadaran orang untuk merawat kesehatan gigi dan mulut secara serius masih sangat kurang. Padahal, tingkat kesehatan mulut dapat dijadikan indikator derajat kesehatan tubuh seseorang secara keseluruhan. Telah banyak hasil riset yang membuktikan bahwa adanya infeksi mulut berkaitan dengan penyakit jantung dan paru-paru, berat bayi lahir yang rendah, kelahiran prematur dan diabetes.

Untuk menjaga gigi dan mulut tetap sehat, beberapa hal yang kadang terdengar remeh perlu dilakukan. Berikut tips soal bagaimana merawat gigi dan mulut Anda:


Gosoklah gigi sampai bersih dengan sikat yang lembut

 


Menyikat gigi berarti membuang plak (timbunan bakteri) gigi dan sisa makanan sehingga dapat mencegah kerusakan gigi. Kebanyakan orang hanya menyikat gigi selama 45 detik, cobalah sampai dua menit agar gigi benar-benar bersih dan sebaiknya dilakukan sehabis makan.


Jangan lupa menyikat lidah

 


Di dalam rongga mulut selain gigi, juga terdapat organ penting lainnya yaitu lidah. Mulut mengandung berbagai bakteri dan beberapa jenis bakteri dapat tumbuh di lidah. Pada beberapaorang, tumbuhnya bakteri tersebut menyebabkan napas berbau tak sedap.


Rawat gigi anda yang berlubang

 


Tips di atas mungkin bisa mengurangi bau mulut, tetapi tidak secara langsung mengatasi penyebabnya. Untuk itu anda harus mencari penyebab bau mulut dan berkonsultasi dengan dokter gigi anda. Rawatlah gigi anda yang rusak. Tambahlah lubang gigi anda. Bila perlu tutuplah sela-sela gigi yang bisa menjadi tempat sisa makanan menumpuk.

Obati infeksi gusi dan gigi


Segera obati gusi anda yang luka sebelum menjadi infeksi yang parah. Bila perlu cabut gigi anda yang bermasalah. Yang paling baik memang menyingkirkan sumber masalah bau mulut anda. Namun demi hasil yang baik, anda harus meminta jasa perawatan dari ahlinya, yaitu dokter gigi.

Cegahlah konstipasi


Salah satu penyebab bau mulut adalah gangguan pencernaan yang menyebabkan sulit buang air besar, atau biasa disebut konstipasi. Untuk mengatasi konstipasi, banyak-banyaklah makan makanan yang berserat, air putih dan olahraga yang teratur.

Kurangi mengkonsumsi panganan ringan


Pangan ini cukup tinggi kadar gulanya sehingga berpotensi sebagai makanan untuk pertumbuhan bakteri mulut. Dalam waktu sekitar 20 menit setelah makan panganan ringan, bakteri akan menghasilkan senyawaasam seperti asetat, format, dan laktat. yang menyerang email gigi. Ngemil berarti menambah waktu kontak senyawa asam dengan gigi sehingga memperburuk kesehatan gigi. Berkumur sehabis ngemil dapat membantu mengurangi sisa makanan dan mengencerkan zat asam di mulut.

Kurangi atau tinggalkan minuman bersoda


Gula di dalam minuman ringan bersoda dapat menjadi nutrisi untuk pertumbuhan bakteri di mulut, sebagaimana pada snack. Kalaupun komposisi minumannya tanpa gula, adanyaasam sitrat dan fosfat hingga pH 2 (sangat asam), dapat menggerus akar dan email gigi.

Minum air putih banyak-banyak


Minumlah air putih banyak-banyak untuk mencegah air liur anda menumpuk di lidah dan tenggorokan. Ini akan mencegah bakteri berkumpul dalam rongga mulut anda.

Mengunyah permen karet (gum) yang bahan pemanisnya xilitol


Xilitol (C5H12O5 ) merupakan kelompok gula alkohol yang dalam penelitian selama 25 tahun terakhir ini terbukti dapat mencegah karies/ kerusakan gigi. Untuk mengurangi paparan (expose) gula baik sukrosa maupun glukosa, khususnya dari produk gula-gula (permen), kini telah ditawarkan bahan pemanis alami pelindunggigi, yaitu xilitol. Xilitol tidak dapat dimetabolisme oleh bakteri perusak gigi, maka senyawa asam tak diproduksi sehingga pH permukaan gigi terpelihara berada di atas 5,7.

Konsumsi buah dan sayur


Konsumsi buah dan sayur yang dapat membersihkan gigi seperti apel, wortel, dan seledri. Batasi anggur merah, kopi, dan teh.
 

Berhenti merokok


Lakukan pemeriksaan ke dokter gigi setiap 6 bulan sekali secara rutin

 

 

cara menjaga kesehatan mulut


Terima kasih sudah membaca artikel tentang tips menjaga kesehatan mulut semoga bermanfaat dan jangan lupa berkomentar dikolom bagian bawah.

Postingan Terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Cara Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut"

Post a Comment