Hamil Sehat Trimester Pertama

Tips hamil janin perempuan, tips hamil janin laki lakitips hamil jitu, tips hamil kembali setelah keguguran, tips ketika hamil muda, tips hamil lagi setelah kuret, tips hamil langsing, tips hamil lancar, tips hamil lagi setelah melahirkan, tips hamil muda naik pesawat, tips hamil muda tetap sehat, tips hamil normal.

Hamil tentunya merupakan suatu kabar bahagia yang ingin didengar oleh pasangan suami istri. Kehamilan pertama tentunya sangat mendebarkan bagi calon ibu. Anda tentu memiliki rasa penasaran yang besar tentang kehamilan anda yang akan berujung pada mencari berbagai informasi baik dari kalangan ibu-ibu yang lain, majalah, maupun online. Untuk calon ibu yang masih sangat baru dan asing dengan dunia kehamilan dan perkembangan janin, anda harus tahu bahwa kehamilan anda terbagi dalam tiga trimester.


Trimester pertama adalah usia kehamilan yang memasuki minggu pertama, hingga minggu ke-12 atau ke-13. Trimester pertama merupakan masa penting pada masa kehamilan. Pada trimester inilah mulai terbentuk cikal bakal organ-organ pada janin yang berlanjut dengan pembentukan cikal bakal seluruh sistem tubuh. Pada trimester pertama ini pula, rangka tubuh janin secara keseluruhan sudah rampung dan lengkap terbentuk. Semua organ tubuh juga mulai bekerja meski belum sempurna.


Adanya perubahan hormonal pada tubuh ibu juga menyebabkan terjadinya perubahan fisik dan psikis. Akibatnya, kerap ibu hamil pada trimester ini merasakan ketidaknyamanan. Mual, muntah, mudah lelah, dan pusing merupakan keluhan yang sering dirasakan di masa ini. Ibu pun harus menyesuaikan diri dengan berbagai perubahan yang terjadi pada tubuhnya. Untuk itu, penting melakukan siasat agar ibu dapat menikmati kehamilannya. Berikut kiat kehamilan sehat di trimester pertama:


hamil sehat trimester pertama

 

Kiat Hamil Sehat



Cukup istirahat. Kebanyakan calon ibu merasakan trimester satu lebih melelahkan dibandingkan hari-hari sebelumnya. Rasa letih ini lantaran peningkatan hormon progesteron yang mempunyai efek depresan pada susunan saraf sehingga menyebabkan kantuk secara alami. Akibatnya, ibu hamil sering mengantuk dan membutuhkan tidur lebih banyak daripada biasanya.


Untuk mengatasi, cobalah mulai mencermati pemakaian waktu sehari-hari. Kurangi aktivitas yang terlalu melelahkan. Sempatkan pula untuk melakukan tidur siang. Jangan terlalu memikirkan berbagai pekerjaan rumah tangga yang tidak tertangani. Saatnya Anda mengomunikasikan pada pasangan bahwa Anda membutuhkan dukungan dan pertolongan terutama ketika tubuh merasa sangat lelah. Yang paling penting, ketika tubuh sudah memberikan tanda-tanda letih, segeralah beristirahat.


Buat perencanaan. Carilah orang yang sementara waktu dapat menggantikan melakukan tugas-tugas yang melelahkan, seperti, memasak, berbelanja atau bersih-bersih rumah. Untuk memudahkan buatlah perencanaan tugas harian rumah tangga yang biasa Anda lakukan sehari-hari. Berikan catatan itu kepada orang yang membantu melakukan tugas rumah tangga sehari-hari. Khusus memasak, buatlah daftar makanan untuk beberapa hari. Mintalah bantuan untuk menyiapkan makanan dengan berpedoman pada daftar yang telah dibuatkan. Pilihlah makanan yang praktis. Bila perlu mintalah bantuan pasangan untuk sesekali menyiapkan makam malam bagi keluarga.


Cermati makanan yang dikonsumsi. Trimester pertama adalah masa penting dalam pembentukan organ-organ pada janin. Untuk itu penting mencermati makanan yang dikonsumsi. Utamakan bahan-bahan makanan yang memiliki kandungan bermanfaat untuk perkembangan janin, seperti asam lemak omega-3 dan 6 untuk pembentukan saraf dan jaringan otak (lihat boks). Selain itu, tak ada salahnya untuk mengonsumsi makanan dalam jumlah yang lebih besar di akhir pekan ketika ibu banyak melakukan aktivitas bersama anak yang lebih tua. Untuk mendapatkan energi tambahan itu, siapkan makanan sepinggan kaya energi, seperti lasagna, kaserol, atau bubur kacang hijau.


Cerdik menyiasati mual muntah. Munculnya mual disebabkan adanya peningkatan hormon estrogen pada awal kehamilan. Peningkatan hormon ini membuat kadar asam lambung meningkat, hingga muncullah keluhan rasa mual. Keluhan ini paling parah biasanya muncul di pagi hari saat perut ibu dalam keadaan kosong dan terjadi peningkatan asam lambung. Namun, rasa mual bisa saja muncul pada siang, sore, atau malam hari, bergantung pada kondisi ibu yang satu sama lain tentu berbeda-beda. Perubahan metabolisme tubuh di awal kehamilan menyebabkan proses pengosongan lambung berlangsung lebih lambat, sehingga menyebabkan perut terasa penuh dan memunculkan rasa mual.


Untuk mengurangi ketidaknyamanan itu, setiap ibu dapat melakukan siasat berdasarkan kebiasaan masing-masing. Ibu yang suka biskuit sebaiknya selalu punya persediaan sekotak biskuit di rumah atau di dalam tas ketika sedang bepergian. Untuk mengurangi mual pagi hari, makanlah biskut kraker sesaat setelah bangun sebelum turun dari tempat tidur. Pilihan lain tentu saja boleh disesuaikan dengan selera, misalnya minum air jahe yang dapat mengurangi rasa mual, makan roti tangkup keju panggang, minum air jeruk, atau makanan ringan lain yang disukai.


Kalau ibu lebih suka camilan buah, hati-hati dengan buah yang rasanya asam dan bumbu rujak yang pedas karena justru dapat merangsang peningkatan asam lambung. Buah asam seperti mangga muda memang enak dimakan dengan bumbu rujak yang pedas ketika perut terasa mual atau penuh. Sedapat mungkin, buah asam dan bumbu pedas tidak dikonsumsi saat perut kosong untuk mencegah peningkatan asam lambung.


Mencermati sumber informasi pengetahuan tentang kehamilan. Ada berbagai cara yang dapat dilakukan untuk menambah pengetahuan tentang kehamilan. Namun, jangan mudah meyakini informasi yang diperoleh. Bila perlu, cobalah mengonfirmasikan informasi yang membingungkan kepada ahli atau dokter, sehingga tidak terjadi kesalahan.


Bersantailah. Memang tidak mudah menyesuaikan perubahan fisik yang terjadi selama kehamilan. Akibatnya, kondisi emosi pun kerap naik turun. Untuk itu, luangkan waktu sebanyak mungkin untuk bersantai. Lakukan hal-hal sederhana yang menyenangkan. Misalnya, menonton film komedi atau sekadar mendengarkan alunan musik sambil bersantai. Ketegangan dan stres yang dialami oleh ibu yang sedang hamil dapat memengaruhi tumbuh kembang janin.


Mencari dokter kandungan yang cocok. Bila belum menemukan dokter yang mengerti keinginan Anda, teruslah mencari hingga menemukan dokter yang dirasa cocok. Penting mencari dokter kandungan yang dapat melakukan konsultasi dengan baik (menjawab pertanyaan dan rasa ingin tahu pasien hingga tuntas). Jika ibu merasa kurang cocok dengan dokter selama ini, tidak ada larangan untuk berganti dokter kapan saja. Namun sebaiknya pilihan sudah ditentukan di trimester pertama agar dokter dapat mengikuti perkembangan kehamilan ibu dengan baik dari awal sampai akhir.


Berolahraga. Lakukan olahraga ringan seperti biasa.  Ada baiknya, konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter olahraga apa yang ibu pilih. Kebanyakan calon ibu pada trimester pertama melakukan program jalan sehat. Olahraga ini bermanfaat untuk melancarkan sirkulasi oksigen pada tubuh, sehingga dapat membantu mengendalikan emosi atau mood yang kadang-kadang naik turun. Selain juga bermanfaat untuk mengendalikan berat badan.

Postingan Terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Hamil Sehat Trimester Pertama"

Post a Comment