Hamil Sehat 7 Bulan

Tips hamil dengan mudah, tips hamil empat bulan, tips hamil enam bulan, tips cepat hamil ebook, tip elak hamil, tips elakkan hamil, tips foto hamil, tips hamil golongan darah a, tips hamil golongan darah b, tips gugurkan hamil, tips hamil setelah haid, tips hamil ingin anak perempuan, tip ibu hamil, tip ibu hamil muda. 

Kehamilan 7 bulan adalah periode yang tinggal menunggu sempurnanya janin untuk siap dilahirkan. Janin yang lahir prematur pada usai kehamilan 7 bulan mempunyai harapan hidup yang cukup tinggi. Bentuk fisik janin sudah terlihat sangat sempurna, tetapi dalam segi bobot dan kesempurnaan belum mencukupi untuk lahir.


Janin pada Kehamilan 7 Bulan



Janin pada kehamilan 7 bulan sudah mulai jurang nyaman berada di rahim karena dengan ukuran badannya, ukuran rahim akan terasa sangat sempit. Ia akan mulai merasakan keterbatasan ruang dan bergerak-gerak mencari posisi yang nyaman.


Janin sudah bisa melihat walaupun yang dilihatnya hanya uterus yang terang atau gelap. Keadaan uterus yang terang dan gelap ini membantunya membedakan siang dan malam. Ia juga sudah bisa mendengar walaupun yang didengarnya menyeruapi dengungan. Hal ini membiasakannya mendengar suaranya ayah dan ibu, suara dimana ia tinggal dan bahkan music. Ia juga akan mendengarkan musik yang ibu dengarkan. Begitu juga suara hewan dan keadaan sekitar.


Indera perasanya juga sudah hampir sempurna dengan begitu ia akan merasakan apa yang ibu makan. Paru-parunya sudah berlatih untuk bernafas dan gerakan yang ia lakukan membantunya melatih ototnya. Tulang janin pada periode ini sudah muali sempurna dan ia sudah mempunyai lemak untuk energinya. Ukuran janin pada periode ini sekitar 11 inci.


hamil sehat 7 bulan

 

Tubuh

 


  • Rasa lelah yang berlebihan pada punggung, bayi yang tumbuh semakin besar dan beratnya mengarah kedepan membuat punggung berusaha menyeimbangkan posisi tubuh, hal ini menyebabkan punggung yang cepat lelah oleh sebab itulah orang yang hamil tua tidak tahan berjalan terlalu jauh. Berdiri dan duduk dengan menyandar akan terasa lebih enteng. Minta pada pasangan untuk memijat otot yang kaku.

  • Bengkak pada mata kaki atau betis, dapat mengganggu bagi sebagian wanita, rahim yang besar akan menekan pembuluh darah utama dari bagian bawah tubuh ke atas tubuh, menyebabkan darah yang mau mengalir dari bagian bawah menjadi terhambat. Darah yang terhambat berakibat wajah dan juga kelopak mata membengkak, akan mudah terlihat didepan cermin pada pagi hari setelah bangun.

  • Napas menjadi lebih pendek, ukuran bayi yang semakin besar didalam rahim akan menekan daerah diafragma (otot dibawah paru-paru) menyebabkan aliran napas agak berat, sehingga secara otomatis tubuh akan meresponsnya dengan napas yang lebih pendek. Duduk dengan posisi yang menyenangkan anda, tidur menyamping dan juga olahraga aerobik ringan bisa meringankan. Karena kondisi kandungan setiap wanita berbeda-beda, maka mintalah nasehat dokter untuk kondisi anda sekarang olahraga ringan jenis seperti apa yang masih boleh dilakukan. Apakah aerobik barbel ringan atau hanya sekedar yoga dengan posisi tertentu. (yoga untuk kehamilan akan segera dibahas juga disini).

  • Panas di perut bagian atas, ini terjadi karena asam lambung meningkat, penyebabnya adalah perubahan hormon dalam tubuh ibu hamil. Minum lebih banyak air dan makanlah dengan porsi yang lebih sedikit tapi frekuensinya lebih banyak.

  • Arises di wajah dan kaki, arti lain varises adalah pelebaran pembuluh darah yang pada seorang wanita hamil terjadi di daerah wajah, leher, lengan dan kaki terutama di betis. Apalagi bagi anda yang punya warna kulit yang lebih putih, akan sangat jelas urat-urat halus berwarna merah kebiru-biruan. Pelebaran pembuluh darah bisa juga terjadi di daerah anus sehingga menyebabkan wasir. Makanlah makanan yang banyak mengadung serat seperti sayur-sayuran bayam, sawi, daun pepaya dan kol. Hindari mengeden (mendorong sekuat tenaga sambil menahan napas) saat buang air besar karena dengan anda mengeden, volume darah dalam jumlah besar akan menuju pembuluh darah sekitar anus.

  • Stretch mark, yakni garis-garis putih dan parut pada daerah perut, bisa juga terjadi di dada, bokong, paha dan lengan atas. Walaupun stretch mark tidak dapat dihindarkan tetapi akan hilang dengan sendirinya setelah melahirkan. Gunakan lotion anti stretchmark setelah mandi dan perbanyak konsumsi vitamin E.

  • Payudara semakin membesar, ini karena kelenjar susu didalamnya mulai penuh dan sesekali dalam keseharian anda, akan keluar tetesan-tetesan air susu di bra terutama setelah bulan ke-9. Penambahan berat payudara menurut literatur yang saya baca kira-kira 1/2 – 2kg.

  • Sering buang air kecil, seperti yang tertulis di posting tentang tanda-tanda kehamilan, keinginan wanita hamil disebabkan oleh kandung kemih (tempat urin) tertekan rahim. Bagi beberapa wanita, tertawa yang keras, batuk atau bersin bisa membuat mereka ngompol.

 

Emosi



Dengan semakin dekatnya hari H, hati akan semakin galau memikirkan, apakah ini menyakitkan? berapa lama proses melahirkan? apakah bisa menyebabkan sesuatu yang berbahaya terhadapku? Terutama bagi anda yang pertama kali mengandung.


Apabila anda termasuk orang yang suka memikirkan hal-hal negatif ini, mungkin anda perlu mengikuti kelas kehamilan karena disana anda akan bertemu teman-teman yang bisa saling berbagi, menceritakan pengalaman mereka yang sudah melahirkan beberapa kali, adalah hal yang wajar apabila derita kita akan berkurang jika mendengar kalau ternyata banyak orang lain juga mengalami derita seperti kita. Iya saya juga mengakuinya saya seperti itu.


Bicaralah dengan bayi anda, foto diri anda dengan keluarga atau pasangan saat anda umur kehamilan anda setiap bulannya. Bacalah lebih banyak literatur tentang kehamilan, proses kehamilan, tentang bayi, dll, banyak informasi-informasi seperti ini yang bisa anda dapatkan di majalah-majalah, televisi ataupun internet. Dengan banyak mengetahui informasi-informasi ini akan membuat anda lebih tenang.


Bila pada trimester kedua dibutuhkan tambahan kalori sekitar 350 kalori per hari, pada trimester terakhir ini dibutuhkan tambahan sekitar 450 kalori per hari.


 Omega 3 dan Kalsium : Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil



Pastikan omega 3 tetap dikonsumsi terus pada masa ini, karena bulan ke-7 hingga bayi lahir, otaknya terus berkembang dengan pesat. Begitu pula konsumsi Kalsium harus terus dipantau agar cukup setiap hari.


Dalam menyusun menu makanan sehat untuk ibu hamil, sisipkan makanan mengandung omega 3 dan kalsium dalam beberapa kali makan supaya dapat dikonsumsi dalam jumlah yang cukup.


1.Kalori


Pada trimester ke tiga ibu hamil membutuhkan kalori. Sehingga untuk memenuhi kebutuhan kalori ibu hamil dapat mengkonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat dalam porsi sesuai yang dibutuhkan.Beberapa makanan yang mengandung kalori seperti kentang, singkong, umbi atau nasi.Penghitungan kalori yang tepat sesuai dengan porsi yang dibutuhkan oleh tubuh akan membantu dalam mengontrol berat badan ibu hamil dan mengurngi keluhan selama kehamilan di bulan ke 7.


2.Yogur


Konstipasi atau susah buang air besar adalah hal biasa yang sering terjadi pada ibu hamil. Pada kehamilan 7 bulan dan seterusnya, konstipasi semakin parah karena sistem pencernaan kita tertekan perut yang semakin besar.


Selain buah-buahan, yogurt adalah makanan sehat untuk ibu hamil yang dapat membantu mengurangi konstipasi. Makanlah yogurt setiap hari karena dapat memperlancar buang air besar dan banyak mengandung kalsium. Selain itu perbanyak minum air dan sering-seringlah berjalan kaki.


3.Vitamin B


Vitamin B dibutuhkan oleh tubuh terutama adalah vitamin B6 yang akan membantu dalam proses kimia dengan bantuan enzim. Selain itu Vitamin B6 akan membantu dalam proses metabolisme. Anda dapat melengkapi kebutuhan vitamin B6 dari bahan makanan seperti ikan, ayam atau daging sapi.


4.Yodium


Yodium akan membantu dalam pembentukan sel baru dikarenakan kandungan senyawa tiroksin yang akan membantu untuk mengurangi resiko tubuh bayi kerdil.Meskipun dalam jumlah yang sedikit, anda tetap harus memperhatikan asupan yang mengandung yodium seperti dari ikan laut atau garam dapur beryodium. Meskipun demikian anda tetap harus memperhatikan asupannya jangan terlalu berlebihan.


5.Kalsium


Kalsium akan membantu ibu menjaga kesehatan tulang selama kehamilan termasuk ketika memasuki bulan ke 7 kehamilan, bobot tubuh ibu hamil akan semakin berat, kekurangan kalsium akan menyebabkan mengikis tulang ibu ketika janin membutuhkan kalsium untuk pertumbuhan. Anda dapat mengkonsumsi susu yang mengandung protein dan kalsium yang baik untuk ibu hamil di bulan ke 7. Dengan membiasakan ibu hamil minum susu akan membantu antibodi yang baik untuk ibu hamil.


6.Buah-Buahan


Semua buah-buahan baik untuk kesehatan. Manfaat yang di dapatkan oleh ibu hamil yang mengkonsumsi pepaya adalah dapat mengurangi kondisi heartburn. Kondisi heartburn adalah kondisi dimana ibu hamil mengalami panas pada bagian perut. Pepaya akan membantu proses pencernaan sehinga mengurangi asam hidrolarat lambung.


Berkunjung ke dokter



Pada masa trimester III dokter akan meminta anda untuk lebih sering datang periksa. Seperti pemeriksaan-pemeriksaan sebelumnya dokter akan memeriksa berat badan, tekanan darah, kandung kemih untuk antisipasi terkena bakteri, dan juga menanyakan gejala-gejala tertentu, jadi ceritakan saja tanda/gejala yang membuat anda tidak nyaman yang mengganggu fisik ataupun psikis.


Pemeriksaan yang akan dilakukan dokter antara lain terhadap masalah :

  • GDM (Gestational Diabetes Melitus), atau boleh dikatakan kencing manis bawaan, yang terjadi pada trimester II dan III, kencing manis jenis ini adalah berbeda dengan kencing manis yang sering anda dengar selama ini. Kencing manis yang satu ini bisa terjadi pada wanita sehat (tidak ada penyakit kencing manis) sebelum mengandung. Tetapi jarang terjadi, di Amerika hanya 7% (kira-kria 200,000 wanita) yang mengalaminya. Berikut adalah wanita yang lebih beresiko terkena : wanita gemuk, mempunyai keluarga yang mengidap kencing manis tipe II, pada kehamilan sebelumnya melahirkan bayi yang beratnya lebih 4.5kg atau sudah pernah mengalami GDM, memiliki kelebihan air ketuban.

  • Anemia (kurang darah), menandakan adanya kadar sel darah merah yang sedikit dalam hemoglobin darah. Kekurangan darah pada ibu hamil bisa menyebabkan bayi lahir prematur ataupun pertumbuhan yang tidak sehat pada janin. Mengonsumsi zat besi akan sangat membantu, dokter akan memberikannya apabila diperlukan. Konsumsi spirulina yang berasal dari ganggang biru akan sangat bagus buat anda dalam proses melahirkan dan juga baik untuk bayi.

  • Pemeriksaan bakteri, pemeriksaan terhadap kemungkinan adanya bakteri di vagina ataupun di anus. Bakteri jenis B Strep, tidak akan membuat anda sakit tapi berakibat buruk pada janin, jika dinilai berbahaya, dokter mungkin akan memberikan antibiotik.

Postingan Terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Hamil Sehat 7 Bulan"

Post a Comment