Penyakit Ayan

Penyakit ayan dan cara pengobatannya, ciri penyakit ayan, penyebab penyakit ayan dan cara mengatasinya, ciri penyakit ayan pada bayi, contoh penyakit ayan, cegah penyakit ayan, penyakit ayan dan penyebabnya, penyakit ayan disebabkan oleh, penyakit ayan dan penyembuhannya, penyakit ayan disebabkan karena apa, efek penyakit ayan, etiologi penyakit ayan, faktor penyakit ayan

Epilepsi (ayan) adalah suatu gangguan pada sistem syaraf otak manusia karena terjadinya aktivitas yang berlebihan dari sekelompok sel neuron pada otak sehingga menyebabkan berbagai reaksi pada tubuh manusia mulai dari bengong sesaat, kesemutan, gangguan kesadaran, kejang-kejang dan atau kontraksi otot. Epilepsi atau yang sering kita sebut ayan atau sawan tidak disebabkan atau dipicu oleh bakteri atau virus dan gejala epilepsi dapat diredam dengan bantuan orang-orang yang ada disekitar penderita.

penyakit ayan

Penyebab penyakit ayan



Pada penderita ayan, kadang-kadang sinyal-sinyal tersebut, tidak beraktivitas sebagaimana mestinya. Hal ini dapat diakibatkan oleh berbagai unsur-unsur, antara lain; trauma kepala ( pernah mengalami cedera di daerah kepala ), tumor otak, dan lain sebagainya.


Gejala Penyakit Ayan :



Gejala-gejala penyakit epilepsi tergantung pada tingkat keparahan dan jenis epilepsi itu sendiri. Penyakit ini dapat ditemukan dan mempengaruhi setiap bagian tubuh, sehingga sensasinya pun berbeda-beda. Saat epilepsi menyerang, gelajanya mungkin kedua mata penderita akan terus menatap, sering berkedip, dan berkedutnya kelopak mata serta anggota tubuh lainnya. Selain itu penderita juga kemungkinan akan mengalami pusing dan pingsan, disertai kehilangan ingatan setelah sadar. Jari-jari berkerut dan posisi bibir miring dapat terjadi setelah penyakit ini menyerang. Gigi menggertak, lidah berada di antara gigi dan keluar air liur pun bisa menjadi gejala yang umum ditemui pada penderita epilepsi.



  • Kebingungan yang temporer
  • Gerakan menghentak yang tidak terkontrol pada tangan dan kaki
  • Hilang kesadaran secara total


Umumnya ayan mungkin disebabkan oleh kerusakan otak dalam proses kelahiran, luka kepala, stroke, tumor otak, alkohol. Kadang-kadang, ayan mungkin juga karena genetika, tapi ayan bukan penyakit keturunan. Tapi penyebab pastinya tetap belum diketahui.


Wajib Baca :


Ciri- ciri penderita penyakit epilepsi



  • Kedua kaki dan tangan kaku kemudian timbul gerakan kejutan yang kuat selama 5 menit.
    penyakit ayan
  • Hilangnya kesadaran, mata terbalik ke atas.
  • Setelah sadar dapat menyebabkan mual muntah, pusing dan mengantuk, tidur.
  • Mengalami kejang-kejang yang berulang.
  • Kehilangan kesadaran.
  • Keluar keringat yang berlebihan dan mulut berbusa.
  • Mengalami kesulitan dalam mengatur pernafasan.
  • Kebingungan yang sementara.

Terima kasih telah membaca artikel tentang penyakit ayan, semoga bermanfaat.

Postingan Terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Penyakit Ayan"

Post a Comment