Ciri Ciri Penyakit Sinusitis

Ciri ciri penyakit sinusitis pada anak, ciri-ciri penyakit sinusitis kronis, ciri ciri penyakit sinusitis hidung, ciri ciri penyakit sinus, ciri ciri penyakit sinus hidung, ciri-ciri penyakit sinus pada hidung, ciri-ciri terkena penyakit sinusitis, ciri-ciri gejala penyakit sinusitis, apa ciri ciri penyakit sinusitis, ciri ciri awal penyakit sinusitis.

Sinusitis adalah inflamasi atau peradangan pada dinding sinus. Inflamasi ini sering kali disebabkan oleh infeksi virus atau bakteri. Sinusitis termasuk penyakit umum yang bisa menjangkiti orang-orang pada segala umur baik anak-anak, dewasa, orangtua, pria maupun wanita.


Gejala awal dari infeksi sinus ialah munculnya mukosa atau lendir berwarna kuning atau hijau dari hidung. Wajah juga akan terasa nyeri di sekitar dagu, mata, dan dahi, terutama jika ditekan. Sinusitis biasanya muncul setelah infeksi saluran pernapasan atas, misalnya karena pilek dan flu. Kondisi ini biasanya ringan dan akan hilang dalam waktu tiga bulan. Sinusitis juga bisa memicu terjadinya demam dan sakit gigi.


Nyeri tumpul berdenyut atau tekanan yang merupakan tanda utama sinusitis terjadi akibat tekanan yang ditimbulkan oleh jaringan yang meradang pada ujung-ujung saraf di dinding dalam sinus anda. Sinusitis frontalis menyebabkan nyeri dahi atau juga sakit kepala. Sinusitis maksilaris menyebabkan nyeri pipi yang dapat menjalar ke gigi di rahang atas. Sinusitis etmoidalis menyebabkan nyeri di antara mata. Sinusitis sfenidalis menyebabkan nyeri di belakang mata, di puncak kepala, atau di sepanjang tengkuk.


Ciri-ciri penyakit sinusitis lainnya Hidung tersumbat. Pembengkakan selaput hidung dan peningkatan pembentukan lendir menyebabkan anda sulit bernafas melalui hidung. Penyumbatan ini dapat mengenai satu atau kedua sisi hidung. Ciri-ciri sinusitis lainnya adalah Postnasal Drip. Lendir secara normal mengalir dalam jumlah kecil ke dalam hidung dan turun ke belakang tenggorokan sebelum tertelan. Selama infeksi produksi lendir meningkat, lebih kental dan berwarna kuning atau hijau. Perubahan warna lendir disebabkan oleh campuran bakteri dan sel darah putih, sebagai tanda bahwa tubuh telah melawan infeksi yang berlangsung. Lendir yang kental dan berwarna hijau ini seringkali turun ke tenggorokan dan disebut postnasal drip.


Ciri menderita sinusitis lainnya Berkurangnya daya penciuman. Membengkaknya selaput di hidung dapat menghambat molekul bau yang anda hirup mencapai reseptor penciuman sehingga daya penciuman anda menjadi berkurang. Selain itu juga penderita bisanya mengalami berkurangnya daya pengecap. Indra pengecapan yang normal bergantung pada keutuhan sensasi penciuman. Sehingga terganggunya indra penciuman akan menyebabkan berkurangnya fungsi dari indra pengecap.


 
ciri ciri penyakit sinusitis

 

 

Ciri Ciri Penderita Penyakit Sinusitis

 


Tanda, gejala dan ciri sinusitis akut yang ditimbulkan hampir mirip dengan gejala saat terjadi flu yakni batuk, hidung tersumbat, keluarnya ingus atau lendir.


Tanda, gejala dan ciri sinusitis kronis yang dirasakan dari sinusitis kronis ini akan serupa dengan sinusitis akut hanya saja masanya akan lebih lama daripada sinusitis akut.


Berikut beberapa tanda, gejala dan ciri ciri penderita panyakit sinusitis baik akut ataupun kronis, diantaranya :


  • Sakit kepala
  • Nyeri di sekitar wajah
  • Hidung tersumbat
  • Ingus kental berwarna kuning/ kehijauan
  • Berkurangnya daya penciuman
  • Berkurangnya daya pengecap
  • Adanya bau mulut/nafas
  • Batuk
  • Nyeri telinga
  • Kadang disertai demam (sinusitis akut)


Tanda sakit kepala pada penderita sinusitis adalah :


  • Rasa seperti ditekan-tekan, tumpul disertai nyeri pada wajah, telinga atau gigi
  • Sakit yang dirasakan terus-menerus
  • Bila penderita berbaring pada sisi sinus yang terinfeksi, maka sakit kepala yang muncul akan semakin berat
  • Pada saat menggerakkan kepalanya, sakit kepala akan semakin bertambah
  • Sakit kepala muncul sejak bangun tidur pagi hari kemudian akan berkurang di siang dan sore hari sehingga seringkali mengganggu aktivitas penderita
  • Perubahan suhu lingkungan secara tiba-tiba (dari lingkungan hangat ke lingkungan dingin) akan memperparah sakit yang dirasakan


Sakit yang timbul pada setiap jenis sinusitis sebenarnya berbeda-beda, misalnya :


  • Penderita sinusitis maksilaris (daerah pipi) merasakan nyeri yang khas pada area pipi, gusi dan gigi pada rahang atas
  • Penderita sinusitis ethmoid merasakan sakit terutama di antara kedua mata, bola mata mungkin terasa sakit dan semakin sakit bila mata digerakkan
  • Nyeri yang dirasakan pada penderita sinusitis frontal (bagian depan kepala) terutama terletak pada daerah dahi penderita
  • Sedangkan pada penderita sinusitis sphenoid (daerah pelipis), nyeri terutama pada puncak kepala penderita


Asma, radang selaput otak ( meningitis ), penyumbatan pembuluh darah di otak dan jantung yang kemudian dapat menyebabkan penyakit stroke, penglihatan menurun, pneumonia (radang paru-paru) merupakan bahaya yang mungkin terjadi jika Anda menderita penyakit sinusitis.

Postingan Terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Ciri Ciri Penyakit Sinusitis"

Post a Comment