Cara Menghilangkan Jerawat Batu

Tips untuk jerawat batu, tips masker untuk jerawat batu, tip hilangkan jerawat batu, tip mengobati jerawat batu, tip mengatasi jerawat batu, tips menghilangkan jerawat batu alami, tips agar jerawat batu cepat hilang, tips menghilangkan jerawat batu dengan cepat, tips menghilangkan jerawat batu di hidung, tips menghilangkan jerawat batu dan bekasnya.

Jerawat adalah suatu keadaan di mana pori-pori kulit tersumbat sehingga menimbulkan kantung nanah yang meradang. Jerawat adalah penyakit kulit yang cukup besar jumlah penderitanya. Kligmann, seorang peneliti masalah jerawat ternama di dunia berpendapat,"Tak ada satu orang pun di dunia yang melewati masa hidupnya tanpa sebuah jerawat di kulitnya." Kemungkinan penyebabnya adalah perubahan hormonal yang merangsang kelenjar minyak di kulit. Perubahan hormonal lainnya yang dapat menjadi pemicu timbulnya jerawat adalah masa menstruasi, kehamilan, pemakaian pil KB, dan stres.


Meniliki Jerawat memang bisa menggangu penampilan, apalagi jerawatnya adalah jerawat batu, bisa semakin enggak PD.


Jerawat Batu adalah jenis jerawat yang mempunyai ukuran lebih besar dari jerawat biasa, mempunyai warna agak hitam, dapat menimbulkan peradangan yang lumayan parah, dan sulit untuk disembuhkan. Jikapun sudah sembuh biasanya jerawat model ini akan meninggalkan bekas luka yang sulit untuk dihilangkan bahkan dapat dikatakan permanen. Selain itu jerawat ini juga bisa muncul dibagian wajah, jerawat batu juga bisa muncul dibagian tubuh lainnya seperti di hidung, wajah, dagu, punggung dan di dada.Lalu apa penyebab terjadinya jerawat batu? Berikut adalah Penyebab Jerawat Batu yang dikutip dari ruangsehatku :


cara menghilangkan jerawat batu
cara menghilangkan jerawat batu

  • Produksi minyak berlebihan

Jerawat tidak selalu muncul karena kotor, melainkan lebih disebabkan faktor dari dalam tubuh. Jerawat adalah kondisi abnormal kulit akibat gangguan berlebihan produksi kelenjar minyak (sebaceus gland) yang menyebabkan penyumbatan saluran folikel rambut dan pori-pori kulit. Penyebab jerawat yang paling umum adalah hormon, tumpukan minyak atau sebum di kulit berkolaborasi dengan bakteri.

  • Sel-sel kulit mati

Umumnya, jerawat disebabkan oleh kelebihan kelenjar minyak karena giat diproduksi hormon androgen. Jerawat timbul karena kelenjar minyak yang berlebih tersebut bercampur dengan sel kulit mati. Ketika sel-sel kulit itu bercampur dengan jumlah debu atau kotoran yang sudah meningkat itu, campuran yang tebal dan lengket itu dapat membentuk penyumbat yang menjadi bintik hitam atau putih. Banyak yang beranggapan, bahwa jerawat hanya menyerang muka, tetapi jerawat bisa juga menyerang bagian tubuh lain, seperti di bagian punggung, dada dan lengan atas.

  • Bakteri

Yang membuat masalah semakin rumit, bakteri biasanya ada di kulit, yang disebut p.acne, yang cenderung berkembang biak di dalam kelenjar sebaceous yang tersumbat, yang menghasilkan zat-zat yang menimbulkan iritasi daerah sekitarnya. Kelenjar tersebut terus membengkak, dan mungkin akan pecah, kemudian menyebarkan radang ke kulit daerah sekitarnya. Inilah yang menyebabkan jerawat batu jenis yang paling mungkin, yaitu meninggalkan pigmentasi jangka panjang dan bekas luka seperti cacar yang permanen.

  • Kosmetik

Penyumbatan pori-pori seringkali terjadi oleh penggunaan kosmetik yang mengandung banyak minyak atau penggunaan bedak yang menyatu dengan foundation. Foundation yang terkandung pada bedak menyebabkan bubuk bedak mudah menyumbat pori-pori.

  • Obat-obatan

Konsumsi obat kortikosteroid, baik oral (obat minum) maupun topical (obat oles), yang mengakibatkan daya tahan tubuh menurun, juga meningkatkan potensi timbulnya jerawat karena aktivitas bakteri patogen yang meningkat.

  • Telepon Genggam

Permukaan telepon genggam bisa jadi media subur untuk tumbuhnya bakteri. Untuk mencegahnya, bersihkan permukaan telepon secara rutin dengan alkohol, dan usahakan jangan menempelkan telepon genggam ke pipi ketika menelepon.

  • Stres

sebenarnya, stres tidak secara langsung menyebabkan jerawat. Masalahnya, ada hormon tertentu yang keluar saat seseorang stres, yang memungkinkan tumbuhnya jerawat. Tak hanya itu, stres membuat orang tersebut mempunyai pola makan yang cenderung banyak mengkonsumsi makanan manis dan berlemak, sebagai "pelarian" dari stres.

  • Faktor Genetik

Jerawat batu dapat disebabkan oleh faktor genetik (keturunan). Jadi jika sekarang kamu punya jerawat batu diwajah, kamu bisa tanyakan dulu ke ayah / ibu, apakah mereka pernah mempunyai jerawat batu diwajah? jika jawabannya ya, berarti besar kemungkinan penyebab jerawat batu kamu itu adalah karena faktor genetik atau keturunan. 

  • Alergi

Jerawat batu kadang juga bisa disebabkan oleh alergi pada suatu makanan. Misal anda alerdi dengan telur, seafood dsb. Jika penyebab jerawat diwajah anda karena alersi, makan langkah tepat untuk mengatasinya yaitu menghindari konsumsi makanan tersebut. Jika belum bisa, minimal anda kurangi.

  • Sinar Ultra Violet

Sinar matahai mengandung sinar ultra violet yang bersifat anti bakteri. Namun paparan sinar ultra violet yang langsung mengenai kulit dalam waktu yang cukup lama, ternyata juga bisa menyebabkan kerusakan pada kulit, yang salah satunya adalah menyebabkan timbulnya jerawat batu

  • Kebiasaan Buruk

Jerawat juga bisa disebabkan oleh kebiasaan buruk anda, seperti malas menjaga kebersihan wajah dsb.


Terus cara mengatasinya bagaimana?



Membersihkan Kulit Wajah


Sebelum mencoba resep untuk menghilangkan jerawat batu, penting sekali untuk anda membersihkan terlebih dahulu bagian tubuh yang akan kita obati, misal jerawat batunya ada diwajah :
Sebelum mencuci wajah, cuci tangan terlebih dahulu dengan sabun hingga benar-benar bersih
Kemudian cuci muka dengan menggunakan air hangat
Lalu keringkan dengan kain / handuk bersih (jangan terlalu kering)


Resep untuk Mengatasi Jerawat Batu


Berikut ini ada beberapa resep tradisional yang dapat kita gunakan untuk menyembuhkan jerawat :
1. Buah Tomat
Anda dapat menggunakan buah tomat untuk obat jerawat, karena dalam tomat terkandung vitamin C, A, dan B1, kalsium, zat besi, dan belerang yang ampuh untuk mencegah peradangan dan mengempiskan jerawat, caranya :
sediakan 1 buah tomat matang
belah tomat tersebut menjadi 2 bagian
gunakan 1 belah tomat untuk wajah / pipi sebelah kiri dan 1 bagian lagi untuk pipi kanan
gosokan dengan halus & pelan pada bagian wajah yang berjerawat hingga merata
tunggu sekitar 15 - 20 menit atau hingga tomat tersebut mengering
basuh dengan air dingin


Putih Telur


Mengatasi jerawat batu bisa dilakukan dengan menggunakan putih telur. Dalam dunia kecantikan putih telur ini sangat terkenal sebagai masker pencerah wajah. Untuk menghilangkan jerawat dengan putih telur, lakukan langkah berikut ini :
Sediakan 1 butir telur
Pisahkan kuning telur dengan putih telur
oleskan putih telur pada bagian kulit wajah yang berjerawat
Tunggu hingga mengering atau sekitar -+ 20-30 menit
Setelah putih telur mengering, basuhlah dengan air dingin


Air Perasan Jeruk Nipis, Madu dan Kunyit


Manfaat madu dan kunyit memang banayak, dan salah satunya adalah bisa kita gunakan untuk menghilangkan jerawat batu, caranya mudah :
Cuci bersih kunyit dengan air
kemudian haluskan, bisa di ulek, diparut ataupun di blender
Campurkan kunyit yang sudah dihaluskan tadi dengan madu dan air jeruk nipis
Aduk hingga merata
Oleskan pada bagian kulit wajah yang berjerawat hingga merata
Tunggu sekitar 15-20 menit
Basuh dengan air dingin


Kentang


Dalam kentang terkandung suatu zat yang bernama "alkali" yang dapat bermanfaat untuk membersihkan kelenjar minyak yang menyumbat pori-pori kulit. Bagaiamana caranya?
Ambil 1 buah kentang
cuci hingga benar-benar bersih
haluskan kentang tersebur (diparut ataupun diblender)
oleskan pada bagian kulit wajah yang berjerawat
diamkan sekitar 20 -30 menit
bersihkan dengan air dingin


Pasta Baking Soda


Baking soda dapat menyembuhkan dan mencegah jerawat agar tidak berkembang lebih banyak. Caranya adalah sebagai berikut :
sediakan baking soda secukupnya
campurkan backing soda dengan sedikit air hingga menjadi pasta yang aga kental
oleskan pada daerah kulit yang berjerawat
Diamkan selama 15 menit
Basuh dengan air dingin
Anda juga dapat mencampur baking soda dengan garam laut.
Tapi ingat lakukan secara rutin agar hasilnya jadi maksimal atau kalian bisa berkonsultasi kepada dokter untuk menghilangkan jerawat batu kalian.

Postingan Terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Cara Menghilangkan Jerawat Batu"

Post a Comment