Penyebab Sakit Punggung atau Nyeri Pada Tulang Bagian Belakang

Penyebab sakit punggung bagian bawah, penyebab sakit punggung, pada wanita,penyebab sakit punggung saat bangun tidur, penyebab sakit punggung pada ibu hamil, penyebab sakit punggung sebelah kiri bawah, penyebab sakit punggung belakang sebelah kiri, penyebab sakit punggung saat haid, penyebab sakit punggung belakang sebelah kanan, penyebab sakit punggung dan pinggang.

Nyeri punggung adalah nyeri yang terjadi secara langsung (spontan) dan memiliki dearajat nyeri yang cukup tinggi sehingga bisa menimbulkan sedikit gangguan aktifitas dan postur tubuh. Penyebab ialah postur yang tidak ideal (gemuk), trauma yang terjadi daerah punggung atau bokong dan gerak tubuh yang salah, kurang pergerakan (peregangan).



penyebab sakit punggung atau nyeri pada tulang bagian belakang



penyebab sakit punggung atau nyeri pada tulang bagian belakang 

 

Gejala


Punggung sangat sensitive terhadap yang namanya ketegangan otot akibat stress sehari-hari. Dalam keadaan lemah dan kaku, otot punngung mengalami sedikit kejang. Kondisi ini menyebabkan aliran darah yang mengangkut oksigen menjadi terhambat, sehingga otot menjadi kekurangan oksigen. Akibatnya, si penderita mengalami nyeri yang semakin parah jika tidak segera ditangani oleh dokter.


Postur tubuh yang sedikit buruk. Postur tubuh yang kurang tepat menyebabkan lengkung tulang belakang tidak berada dalam satu garis lurus sehingga mudah terjadinya cedera dan menimbulkan kelainan pada diskus. Diskus yang rapuh tidak lagi mampu menjadi bantalan vertebra. Kelainan akibat postur tubuh yang buruk yaitu tulang belakang terlalu melengkung ke depan atau belakang.


Kurang olahraga. Kasus nyeri tulang punngung disebabkan karena buruknya kelenturan otot atau kurang bergerak dan beraktifitas. Otot yang lemah, terutama pada daerah perut, tentu tidak mampu menyokong punggung secara maksimal.


Obesitas. Berat badan yang berlebihan akan memberikan tekanan yang sangat besar terhadap bantalan tulang belakang, postur tubuh akan berubah mengakibatkan syaraf tulang belakang menjadi kaku dan menimbulkan nyeri.


Diperkirakan bahwa gejala punggung kuarang lebih 60% pasien disebabkan oleh penyakit degeneratif vertebra lumbosakral atau cedera akibat ruda paksa mendadak nyeri. Penyebab keluhan punggung akut yang lebih umum terjadi berdasarkan adanya latar belakang masalah sakit punggung yang hilang timbul yang berasal dari penyakit degeneratif.


Wajib Baca :


Pada pasien yang mengalami akumulasi stress atau mengangkat beban berat secara mendadak dan tidak biasa dapat menyebabkan cedera ligamen, robekan anulus fibrosa atau prolaps diskus. Penyabab nyeri punngung yang kurang umum ialah spondilosis. Infeksi dan neoplasma tulang belakang bukan penyebab nyeri punggung yang banyak dan tidak berhubungan dengan cedera.


Pengidap nyeri punggung di tanah air kita (Indonesia)



Khususnya untuk untuk golongan orang lanjut usia (lansia), nyeri punggung merupakan kondisi yang sangat umum terjadi. Setidaknya 37 persen dari orang berusia di atas 65 tahun menderita nyeri punggung. Hasil penelitian PERDOSSI (Persatuan Dokter Saraf Seluruh Indonesia) yang dilakukan pada 13 kota di seluruh indonesia pada 2002 menemukan adanya 18,1 persen pengidap nyeri punggung.


Sedangkan penelitian Community Oriented Progam for Control of Rheumatic Disease (COPORD), di indonesia menemukan bahwa prevalensi nyeri punggung ialah 13,4 persen pada wanita dan 18,1 persen pada laki-laki. Insiden nyeri punggung dari berbagai gejala berdasarkan kunjungan pasien ke beberapa rumah sakit di indonesia berkisar antara 2-16 persen. dari data-data ini, bisa di simpulkan bahwa nyeri punggung merupakan suatu kondisi yang umum dan bisa menyerang siapa saja tanpa terkecuali kita sendiri.


Terimakasih telah membaca artikel tentang penyebab sakit punggung atau nyeri pada tulang bagian belakang, jangan lupa berkomentar dan semoga bermanfaat.

Postingan Terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Penyebab Sakit Punggung atau Nyeri Pada Tulang Bagian Belakang"

Post a Comment